Bisnis Wibu: Ketika Itasha Jadi Peluang

Bobby Eribowo

Updated on:

Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang

Easterfeeds, Jakarta Modifikasi otomotif selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kendaraan. Namun, bagaimana jika modifikasi tersebut menggabungkan kecintaan terhadap dunia anime? Di sinilah Itasha, subkultur unik yang berasal dari Jepang, Istilah “itasha” berasal dari penggabungan kata bahasa Jepang itai (痛い) yang berarti menyakitkan dan sha (車) yang berarti kendaraan. 

  • Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang
    itasha culture || doc. udx parking akihabara

Istilah ini diciptakan karena seseorang mungkin akan terkejut saat melihat kendaraan yang penuh dengan gambar karakter anime, manga, dan video game. Hadir memikat hati banyak orang, termasuk di Indonesia. Kali ini, MinEaster berkesempatan berbincang dengan salah satu penggiat Itasha di Indonesia yakni Gilang Khairuzzaman,  yang berhasil mengubah hobinya menjadi sebuah usaha menguntungkan!.

Wawancara dengan Gilang Khairuzzaman Tentang Itasha  :

  • Hallo mas Gilang, Bisa ceritain awal mula kamu tertarik sama dunia itasha?

Gilang :  “Awalnya dari sering nonton anime di tahun 2012-an, anime series musiman pertama yang saya tonton itu Nazo no Kanojo X. dan berlanjut ke anime series lainnya sampai ketemu series K-ON ! . Dari sini saya seneng banget sama karakter yg namanya Yui Hirasawa yg punya sifat polos, sedikit bodoh dikit, tapi cepat tangkap setiap mempelajari sesuatu.”

” Karena saya suka banget sama dunia modifikasi otomotif, akhirnya gak sengaja kepikiran buat coba test ngeprint stiker pakai gambarnya Yui di tukang stiker terdekat. Waktu itu saya belum tau ternyata ini sebenernya  adalah Itasha,  karena di tahun segitu belum ada yang mengulas soal dunia Itasha di  media jejepangan mainstream. ternyata hasil pemasangannya lumayan bagus juga dan tidak mainstream.”

“Saat saya coba iseng googling  pakai keyword Anime Car, dan dari situlah saya mulai mengenal istilah Itasha.” 

Baca Juga: 

 

  • Menurut Kamu, apa sih yang bikin itasha jadi menarik buat para pecinta otomotif di Indonesia?

Gilang :  “Yang pertama, aliran modifikasi itasha itu  gak mainstream dan gak banyak di jalanan layaknya aliran modifikasi, Dan yang kedua  gak ribet karena aplikasinya hanya menggunakan sticker. Yang ribet sih cuma waktu  ngedesainnya aja karena harus mikirin  cara desain itashanya bisa masuk ke body kendaraan yang akan dipasang stiker itasha.”

  • Karakter anime apa yang pertama kali kamu pasang di mobil / motor? , dan kenapa pilih karakter itu?
Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang
itansha Mio K-on gilang || doc. gilang

Gilang : “Karakter anime pertama yang saya pasang itu Hirasawa Yui dari anime series K-ON! Buat motor honda vario, untuk mobil saya pernah punya Suzuki Swift dengan desain itasha dengan karakter Holo dari anime Spice and Wolf. Karena menurut saya keduanya lucu dan punya kharisma tersendiri.” 

  • Saat ini kamu sendiri atau gabung ke komunitas?, Apa nama komunitasnya  dan udah brp lama gabung disana?

Gilang :  “Waktu itu saya coba iseng search pake Keyword Itasha Indonesia, dan ternyata ada juga fanpagenya, tapi waktu itu jumlak likesnya baru 100 like. Masih kecil banget berasa kayak Fanpage baru dirintis”.

  • Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang
    Komunitas Itasha Pertama di indonesia || doc. Ita Indonesia


“Lalu saya coba untuk komen disitu, dan akhirnya saya bisa ketemu beberapa teman online baru sesama ensthusiast Itasha. Setelah itu  kita semua janjian buat meet up di senayan di September 2013, Waktu itu bertepatan dengan event AFAID 2013. Disana gw bertemu dengan 10 orang lain yg sama sama pakai unit itasha di motor dan mobilnya”.

“Dari pertemuan pertama tersebut, akhirnya Itasha Indonesia terlahir sebagai komunitas kecil di dunia jejepangan. Untuk saat ini gw tergabung di Itasha Indonesia Club region bekasi. Gw udah ada di club ini dari semenjak AFAID September 2013 dan masih aktif sampai sekarang”.

  • MinEaster dengar kamu juga punya usaha yang terinspirasi dari hobi ini ya? Bisa mention fanpage atau akunnya ?, Sudah berapa lama bisnis ini jalan?

Gilang : Oh iya, Saya ada usaha sampingan yang bergerak di bidang jasa desain dan instalasi stiker itasha untuk mobil dan motor.” 

Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang
Berawal dari design GTA San Andreas Mod || doc. Gilang

“Kalau untuk bisnis itasha, Saya sudah menjalani dari februari 2017. tapi untuk hobi desainnya sendiri sudah itu dari tahun 2013, awalnya hanya untuk mod livery game untuk GTA San Andreas. Kalo kamu cari keyword “VivaRocks GTA Inside” pasti langsung ketemu banyak mod-mod itasha buat GTA San Andreas hasil garapan saya. “

  •  Kok bisa kepikiran bikin usaha dari hobi itasha ini? boleh cerita?

Gilang : Alasan saya kembangin lagi dari hobi modding menjadi usaha Itasha untuk kendaraan beneran, ya karena selain untuk menyalurkan hobi, tentu aja soal potensi bisnis yang lumayan lah buat jajan dan ngisi waktu di akhir pekan. ”

  • Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang
    itansha motor hasil gilang || doc. Gilang

” Selain itu, Saya bisa kenal dengan teman teman baru dari kalangan wibu, dan gw juga senang bisa membantu teman teman wibu yang pengen juga punya itasha tapi bingung mau garap dimana dengan hasil yang proper dan budget yang terjangkau. “

  • Bisnis Itasha: Ketika Passion Jadi Peluang
    itasha mobil hasil gilang || doc. Gilang
  • Apa tantangan terbesar dalam menjalankan usaha ini?

Gilang : Tantangan terbesar saya adalah ketika mendapatkan client dengan kendaraan motor dan mobil sport / mewah yang harganya mahal. Karena dibutuhkan ketelitian dan harus telaten agar hasil instalasi itashanya sesuai atau melebihi ekspektasi dari pelanggan. “

  • Pernah punya pengalaman unik atau lucu dari klien yang datang minta desain stiker itasha?

Gilang : ” Wahh dari 1000 an orang dari dalam dan luar negeri yang udah pernah order di gw, ada banyak juga sih yang aneh-aneh bahkan rada ngeselin kwkwkwk.
Tapi pelanggan, tetaplah pelanggan. Harus tetap jaga pelayanan agar mereka puas bisa ngeluarin duit mereka buat garap itashanya. “

  • Menurut Gilang, bagaimana pandangan masyarakat umum tentang kultur itasha di Indonesia? 

Gilang :Kalau untuk sekarang, apalagi dengan sosial media yang besar kayak tiktok, Instagram, dan Facebook tentunya menurut saya masyarakat umum sebagian sudah mulai menerima lairan modifikasi itasha. Saya udah beberapa kali garap itasha motor dan mobil buat selebgram yang bisa di anggap “hanya mengikuti trend” dan cuma buat bahan konten doang, bukan sepenuhnya karena murni cinta dengan karakter yang dipakai. beda deh pokoknya. “

Tapi dari kalangan manapun mereka, Saya tetap senang karena aliran ini udah mulai dikenal bahkan di beberapa event otomotif udah ada kelas kontes modifikasinya sendiri kayak di Hot Import Night dengan kelas Itasha Yankee, atau di event lainnya. “

  • Apa tips buat pemula yang pengen coba modifikasi mobil / motor mereka jadi itasha tanpa takut gagal?

Gilang :Carilah penyedia jasa aplikasi itasha yang udah jelas track recordnya dan udah banyak pengalaman dalam mengerjakan  itasha. Dan yang jelas disarankan untuk mencari juga referensi modifikasi itasha di internet sebelum memutuskan untuk memesan desain dan stiker itasha.”

” Jangan lupa untuk tentukan karakternya yang jelas karena itu bentuk cinta kalian kepada karakter tersebut, bukan meminta saran “karakter apaan ya yang bagus buat kendaraan gw?” karena desainer itasha bukan biro jodoh waifu. “

Dari hobi sederhana, Gilang berhasil membangun bisnis yang tak hanya menguntungkan, tapi juga mempererat komunitas pecinta anime dan otomotif. Itasha memang lebih dari sekadar modifikasi kendaraan, ini adalah bentuk ekspresi diri yang penuh kreativitas. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencoba? Pastikan kendaraan kalian siap tampil beda dan penuh karakter!


Dapatkan berita game dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, culture dan techno hanya di Easterfeeds.

Buat kalian yang belum dan ingin mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami.

 

Leave a Comment